Selasa, 12 Juli 2011

Wali Kota Palangkaraya HM Riban Satia

Wali Kota Palangkaraya HM Riban Satia mengatakan, kegiatan seni dan olahraga tradisional pada Festival Budaya Isen Mulang masuk kelender wisata tahunan di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

"Jadi tidak lagi sekadar ajang menjaring dan menyeleksi atlet-atlet tradisional dan seniman dalam rangka persiapan festival serupa tingkat provinsi, tapi sudah masuk kelender wisata," kata Riban saat membuka Festival Budaya Isen Mulang, di Palangkaraya, Selasa (12/7/2011).

Menurut Riban, disadari kebudayaan daerah yang sudah mulai terkikis sejalan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, sehingga dibutuhkan kerja kerasa untuk melestarikannya.

Untuk itu diperlukan partisipasi semua masyarakat agar ikut melestarikan kebudayaan daerah dengan berbagai upaya, sehingga melalui Festival Budaya Isen Mulang sebagai ajang memperkenalkan tidak hanya pada masyarakat setempat mengenai budaya asli Kalteng yang penuh corak pesona keindahan.

Tidak lupa juga Riban menyampaikan apreasiasi kepada semua pihak, khususnya masyarakat dari lima kecamatan yang turut berpartisipasi aktif guna mensukseskan Festival Budaya.

Ia mengingatkan, bahwa Festival Budaya bukan semata-mata ajang untuk meraih prestasi, namun lebih dititikberatkan sebagai pelestarian budaya daerah.

Dengan demikian dalam pelaksanaan lomba nanti, Riban meminta untuk dapat menunjukkan kemampuan yang terbaik, menjunjung sprotivitas serta selalu menjaga kebersamaan dan persaudaraaan yang merupakan bagian dari budaya.

Meskipun waktu pelaksanaan kegiatan cukup singkat, ia berharap dapat membuahkan hasil yang maksimal. "Saya harapkan kiranya dapat membawa nama baik untuk mengharumkan nama Kota Cantik Palangkaraya yang kita cintai dengan menjadi yang terbaik diantara peserta lainnya," kata Riban. Demikian catatan online Kualatungkalboy yang berjudul Wali Kota Palangkaraya HM Riban Satia.

Related Posts