Minggu, 15 April 2012

Jalan Pintas Demi Mendapatkan Nilai Tinggi

Meski bukan lagi satu-satunnya penentu kelulusan, ujian nasional (UN) masih jadi momok bagi para siswa. Bahkan ada yang menempuh jalan pintas demi mendapatkan nilai tinggi: menyontek.

Hari ini, sebanyak 119.00 pelajar tingkat SMA, SMK, dan MA di DKI Jakarta akan melaksanakan ujian nasional. Untuk mengantisipasi adanya kecurangan, Dinas Pendidikan Pemrov DKI Jakarta telah mengeluarkan sejumlah "jurus".

Yang pertama, dengan membatasi jumlah peserta UN tiap kelasnya. ""Peserta dibatasi paling banyak 20 murid, dengan jumlah pengawas dua orang," kata Kepala Dinas Pemprov DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto di Jakarta, 15 April 2012.

Soal yang diterima masing-masing murid tidak sama. Ada lima jenis variasi soal berbeda yang dibagikan, untuk satu mata pelajaran. "Jadi peserta akan sulit untk mencontek karena soalnya berbeda," tambah dia.

Walau dalam satu mata pelajaran ada lima variasi soal, namun Taufik meyakinkan bahwa semuanya mempunyai tingkat kesulitan yang sama. "Ada kisi-kisinya juga, misalnya ada soal 1+1 (satu tambah satu) bisa diganti 3-1 (tiga kurang satu), seperti sepertiga soal mudah, lalu sepertiga soal tingkat kesulitannya sedang, dan sepertiganya lagi sulit", kata Taufik.

Taufik juga mengatakan, Untuk keamanan dan menantisipasi adanya kebocoran soal, pihaknya telah bekerjasama dengan keplisian dalam mengantar dan mengawal soal ujian dari tempat pencetakan soal di Kudus sampai ke Jakarta

"Distribusi soal ujian yang dicetak di Kudus sampai di Jakarta ke gudang wilayah di lima wilayah kota dijaga oleh Polisi, jadi distribusi soal sampai selama UN berlangsung kerahasiaan soal ujian akan tetap dijaga," kata Taufik.

Taufik juga mengatakan, Soal ujian yang telah siap tersebut, akan di antarkan dari gudang wilayah di masing-masing kota pada pukul 05.00 sampai pukul 05.30. Diperkirakan soal ujian nasional akan sampai di masing- masing sekolah pada pukul 05.30. "Jam 08.00 peserta ujian masuk ke kelas masing - masing, jam 08.30 ujian dimulai," ujarnya.

Related Posts