Jumat, 29 Juni 2012

Mahkamah Agung Venezuela

Mahkamah Agung Venezuela memerintahkan penyitaan aset satu-satunya stasiun televisi Venezuela yang berada di pihak oposisi terhadap Presiden Hugo Chavez. Total aset yang disita ditaksir berjumlah US$5,7 juta atau sekitar Rp53,8 miliar.

Aset milik Globovision, nama stasiun televisi khusus berita itu, disita lantaran tidak mampu membayar denda sebesar US$2,1 miliar atau Rp19,8 miliar yang ditetapkan Chavez. Liputan stasiun televisi ini tentang kerusuhan di penjara El Rodeo, Caracas, pada Juni 2011 menjadi penyebab denda dijatuhkan.

"Laporan tersebut memicu kebencian dan intoleransi yang bersifat politis," kata pengatur media Venezuela, Conatel, diberitakan BBC Jumat, 29 Juni 2012. Globovision balik menuduh penyitaan aset mereka sebagai intimidasi politik jelang Pemilu Presiden Venezuela pada Oktober mendatang. Mereka pun harus bersiap kehilangan lebih banyak lagi seiring dengan mulai berjalannya masa kampanye.

Sejak Chavez menjabat sebagai presiden pada tahun 1999, hampir seluruh kanal media Venezuela dikuasai negara. Pemerintah kerap menuding perusahaan media swasta menggunakan pengaruh mereka untuk menggulingkan pemerintahan. Akibatnya, media swasta yang menolak menyiarkan konten yang mendukung pemerintah pun satu persatu tidak diperkenankan siaran.

Related Posts