Kamis, 12 Desember 2013

Tren Bisnis Online 2014

Pertumbuhan bisnis e-commerce diperkirakan terus meroket pada tahun 2014 mendatang. Ekosistem untuk berjualan online kian menumbuhkan potensi e-commerce. Hal itu disampaikan Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia Daniel Tumiwa, saat ditemui usai Seminar E-Commerce 'UKM Indonesia membangun Wirausaha Online' di Jakarta, Kamis 12 Desember 2012.

"Indonesia tetap akan jadi tempat investasi yang menarik. Di sini akan terus berkembang pemain e-commerce baru," ujar Daniel. Di tahun depan, Daniel mengatakan, pelaku e-commerce yang akan muncul yaitu engine chat dan e-commerce full mobile.

"Chat engine akan jadi tren. Di China sudah muncul sistem pembayaran melalui chat engine. Kalau sudah memberi layanan seperti ini, maka penyedia layanan pesan instan harus mengikuti aturan BI (Bank Indonesia). Sebab, mereka bisa dibilang berjualan," katanya.

Daniel juga mengatakan, UKM online di Indonesia akan terus bertumbuh sangat cepat karena ekosistem cukup mendukung. "Nggak usah ada aturan (sertifikasi e-commerce), UKM online sudah berkembang sendiri. Saat ini kita menghadapi situasi yang terbentuk secara organik, UKM itu sudah meledak," ujar pria yang juga menjabat Vice President E-Commerce Garuda Indonesia itu.

Dia memperkirakan, UKM online akan tumbuh lebih dari dua kali lipat di tahun 2014. "Kalau double itu terlalu kecil. Saya kira akan lebih dari double. Peningkatan dari jumlah transaksi juga akan bertumbuh pesat," ucap Daniel.

Related Posts